PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN DI KELOMPOK A TK NASIONAL SAMIRONO DEPOK SLEMAN

Nofiyana Astifani Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan di kelompok A TK Nasional Samirono Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan. Pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan dengan permainan mencari pasangan dari bendera yang bergambar kumpulan benda-benda dan bendera yang bertuliskan lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus I, kemampuan anak mengenal lambang bilangan meningkat dengan persentase 59,88% pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan setelah Siklus II mencapai indikator keberhasilan sebesar 83,33% pada kriteria berkembang sangat baik (BSB).

 

Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, pembelajaran kooperatif, tipe mencari pasangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.