KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI ANAK TK KELOMPOK A GUGUS SIDO MUKTI KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Mikha Sulistiyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal bangun geometri anak TK Kelompok A Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 82 anak TK Kelompok A Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Indikator dalam penelitian ini adalah mampu menyebutkan nama, mampu menunjukkan, dan mampu mengelompokkan bangun geometri meliputi persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, segilima, layang-layang, belah ketupat, trapesium, jajar genjang, kubus, balok, kerucut, bola, limas, dan tabung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyebutkan nama bangun geometri anak termasuk dalam kriteria mulai berkembang, kemampuan menunjukkan bangun geometri anak termasuk dalam kriteria mulai berkembang, dan kemampuan mengelompokkan bangun geometri anak termasuk dalam kriteria mulai berkembang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bangun geometri anak TK Kelompok A Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta termasuk dalam kriteria mulai berkembang.

 

Kata kunci: kemampuan, bangun geometri, anak Taman Kanak-Kanak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.