IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK TK KELOMPOK B KELURAHAN BALECATUR

Maria Indriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta. Perkembangan motorik halus ini meliputi meronce sesuai dengan pola, menyalin angka 1-20, membentuk dengan plastisin sesuai contoh guru, menempel dengan tepat, mewarnai gambar sederhana, dan menggambar orang dengan lengkap dan proporsional. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur yang berjumlah 260 anak dengan sampel sebesar 155 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel kuota. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, disajikanBB dalam bentuk tabel dan histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 155 anak tidak ada yang berada dalam kategori Belum Berkembang (BB), kategori Mulai Berkembang (MB) terdiri dari 2 anak (1,3%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdiri dari 63 anak (40,65%), dan kategori Berkembang Sangat Baik terdiri dari 90 anak (58%) dalam perkembangan motorik halus anak TK Kelompok B Kelurahan Balecatur.

 

Kata kunci: perkembangan motorik halus, anak TK B

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.