DESKRIPSI KREASI CLAY PADA ANAK USIA TK DI LAKEISHA SOUVERNIR

Alfionita Cahya Buana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan kegiatan kreasi clay anak usia TK di Lakeisha Souvernir, Kasongan Bantul. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian sejumlah 14 anak dan obyek penelitian berupa proses kegiatan kreasi clay dan hasil karya anak usia 5-7 tahun di Lakeisha Souvernir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles and Huberman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah kreasi clay sebagai instrumen utama. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kreasi clay anak usia TK di Lakeisha Souvernir sebagai berikut: 1) mayoritas media yang digunakan anak TK saat berkreasi clay dalam kelas membentuk adalah clay (by hand made), sehingga anak dapat bebas berkreasi. 2) terdapat 6 teknik dasar sederhana yang diajarkan pada anak dalam kreasi clay: memulung, menekan dengan berbagai cara, meremas, melinting, menyambung, dan menempel. 3) aspek keterampilan yang terstimulasi dalam kegiatan kreasi clay, yakni: motorik, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan seni. 4) Hasil karya anak memiliki kreativitas yang cukup tinggi dan mampu memberikan detail pada beberapa figur.

 

Kata kunci: kreasi clay

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.