IDENTIFIKASI PENATAAN RUANG KELAS YANG DIGUNAKAN DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS III KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Yulanda Heby Chintya Ningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penataan kelas yang digunakan di TK se Gugus III Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam  penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan kepala sekolah dan guru yang dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Pemilihan model pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan 2 model yaitu model pembelajaran kelompok dan model pembelajaran sentra (2) Pemenuhan prinsip umum penataan kelas yang mencakup arah ruangan,ukuran ruangan,pemilihan dan kondisi lantai, atap dan langit-langi kelas serta penataan dinding dan pemilihan warna ruang kelas (3) Pemilihan dan penggunaan perlengkapan belajar (4) Kelebihan model pembelajaran area adalah anak dapat memilih sendiri area main yang disukai sehingga tidak bosan dan dapat menyalurkan keinginanya dalam belajar Kekurangan model area adalah diperlukan ruangan yang luas dan fasilits yang lebih banyak karena area dikelompokan dalam berbagai macam. Model kelompok kelebihanya adalah lebih mudah dilaksanakan karena tidak membutuhkan sarana dan prasarana yang terlalu banyak. Kekuranganya model kelompok dangap lebih monoton karena kegiatan yang dilakukan sama dengan teman yang lain sehingga apabila alat yang digunakan kurang anak menjadi tidak sabar.

 

Kata kunci: penataan kelas,model pembelajaran kelompok,model pembelajaran area,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.