PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HETASISKU” UNTUK MENGENALKAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU PADA ANAK TK KELOMPOK B

Alfin Rahmawati Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Hetasisku dan menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk mengenalkan metamorfosis kupu-kupu pada anak kelompok B di TK Masyithoh Budi Lestari, Kepek, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner berupa angket dengan skala Likert 4 pilihan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari media Hetasisku dan buku pedoman guru. Tingkat kelayakan media pembelajaran Hetasisku oleh ahli materi mendapatkan skor 88,33% termasuk dalam kategori sangat layak, oleh ahli media mendapatkan skor 91,67% termasuk dalam kategori sangat layak, dan oleh guru kelas mendapatkan skor 85% termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan untuk mengenalkan metamorfosis kupu-kupu pada anak TK Kelompok B.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Hetasisku, Metamorfosis Kupu-kupu


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.