IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SERIASI ANAK KELOMPOK A TK GUGUS IV KECAMATAN PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA

Afriani Nurkhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan seriasi anak kelompok A TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan seriasi pada anak Kelompok A di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta termasuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan dengan persentase 68%. Persentase tersebut didapat dari indikator mengurutkan 5 pensil dari panjang-pendek atau sebaliknya dengan persentase 57% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan, mengurutkan 5 benda dari panjang-pendek atau sebaliknya menggunakan LKA dengan persentase 74% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan, mengurutkan 5 buku dari tebal-tipis atau sebaliknya dengan persentase 59% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan, mengurutkan 5 kubus dari besar-kecil atau sebaliknya dengan persentase 70% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan, dan mengurutkan 5 benda dari besar-kecil atau sebaliknya menggunakan LKA dengan persentase 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

 

Kata kunci: Kemampuan, Seriasi, dan TK Kelompok A.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.