KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA ANAK TK KELOMPOK B DI TK GUGUS SIDOMUKTI SE-KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Bina Rahmidya Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan public speaking pada anak TK kelompok B di Gugus Sidomukti Se-Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian sejumlah 201 anak dan diambil sampel sejumlah 127 anak, dipilih melalui teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengambilan data berupa lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS for windows release 16. Hasil penelitian menunjukkan aspek verbal anak dengan indikator tata bahasa masuk kategori BSH dengan persentase 75,6%, isi materi dalam kategori MB dengan persentase 51,2%, dan improvisasi dalam kategori BSH dengan persentase 48,8%. Aspek vokal dengan 4 indikator artikulasi masuk dalam kategori MB dengan persentase 44,9%, intonasi dalam kategori MB dengan persentase 61,4%, tempo masuk kategori MB dengan persentase 66,1%, dan volum suara masuk kategori MB dengan persentase 53,5%.  Aspek gerak tubuh dengan indikator ekspresi wajah masuk kategori MB dengan persentase 63,8%, kontak mata masuk kategori MB dengan persentase 48,0%, penampilan masuk kategori MB dengan persentase 52,0%, dan gesture masuk kategori MB dengan persentase 44,9%.

 

Kata kunci: kemampuan public speaking, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.