PENERAPAN KONSEP “BELAJAR MERDEKA” DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Laila Mutia Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konsep belajar merdeka di TA SALAM Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) memberikan kemerdekaan belajar dimana seluruh proses kegiatannya dilakukan sesuai dengan keinginan, kebutuhan anak dan hasil dari kesepakatan bersama berdasarkan peristiwa yang terjadi, (2)Perencanaan pembelajaran di TA SALAM menggunakan Prosem dan RPPM; (3) Pelaksanaannya terdiri dari bermain bebas, kegiatan bersama, snacktime, dan bermain bebas (4) Evaluasi dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan anak serta portofolio anak. Pelaporannya berupa rapor; (5) Faktor pendukung yaitu, lingkungan yang mendukung, visi dan misi sekolah yang sejalan dengan orang tua, serta fasilitator memfasilitasi anak untuk dapat bergerak bebas; (6) Sedangkan faktor penghambat yaitu, pengamatan perkembangan anak yang tidak terdokumentasikan dengan baik, cara pandang orang dewasa tentang anak yang berbeda dengan SALAM, konsep belajar merdeka tidak dapat diterapkan untuk skala besar, dan jumlah fasilitator sedikit.

 

Kata kunci : pembelajaran, belajar merdeka, anak

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.