IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK TK B DI GUGUS IV KECAMATAN BANGUNTAPAN, BANTUL

Khairina Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemecahan masalah pada anak TK kelompok B di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul. Penelitian ini berfokus pada kemampuan memahami masalah, mengelompokkan, membandingkan, menghubungkan, dan menemukan solusi masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan datanya melalui observasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar checklist. Sampel dalam penlitian ini berjumlah 77 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah pada anak TK kelompok B di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul termasuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan memperoleh persentase sebesar 69,61%. Persentase tersebut didapatkan dari indikator memahami masalah memperoleh persentase 74,02% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan, indikator mengelompokkan memperoleh persentase 73,37% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan, indikator membandingkan memperoleh persentase 67,85% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan, indikator menghubungkan memperoleh persentase 76,94% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik, dan indikator menemukan solusi masalah memperoleh persentase 71,75% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan.

 

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kemampuan, dan Anak TK Kelompok B.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.