KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS DALAM BEREKSPERIMEN SAINS PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK IBNUL QOYYIM

Khusnun Amalia Muthia

Abstract


Jenis penelitian ini adalah single-subject experimental designs (desain eksperimen subjek tunggal) yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan berpikir kritis dalam berseksperimen sains pada anak kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan berpikir kritis dalam bereksperimen sians pada anak keompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji binomial pada baseline 1 diperoleh nilai exact Sig (2-tailed) = 1,0 > 0,05 dan baseline 2 diperoleh nilai exact Sig (2-tailed) = 0< 0,05. Berdasarkan proses uji hipotesis yang telah dipaparkan, maka diperoleh Hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti rata-rata kemampuan berpikir kritis anak pada baseline 2 lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata pada baseline 1 maupun baseline 3. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah terdapat kecenderungan berpikir kritis dalam bereksperimen sains pada anak kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim, Berbah, Sleman.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, metode eksperimen sains, anak Kelompok A1

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.