MENGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA BUSURAN

Septika Cahya Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi melalui media bahan alam pada anak usia 4-5 tahun di TK ABA Busuran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan desain penelitian Kemmis & Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun mengalami peningkatan melalui media bahan alam. Perolehan presentase rata-rata pratindakan sebanyak 42,23% termasuk dalam kategoti cukup, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 59,45% masuk dalam kategori cukup dan meningkat pula pada siklus II yaitu menjadi 84,20% termasuk dalam kategori sangat baik. Penggunaan bahan alam mampu meningkatkan kemampuan klasifikasi, adapun langkah penggunaan bahan alam untuk kegiatan  klasifikasi adalah (1) mengenali ciri objek bahan alam yang sudah disediakan , sebelum kegiatan mengklasifikasi, anak diperlihatkan dahulu pada bendanya sebagai objek, (2) melihat persamaan dan perbedaan objek bahan alam yang disediakan, (3) memilah atribut sebagai dasar klasifikasi misalkan warna, bentuk, ukuran atau 2 atribut sekaligus

 

Kata kunci: Kemampuan klasifikasi, Media bahan alam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.