MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MEKAR MELATI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Annisa Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama melalui metode proyek pada anak kelompok B di TK Mekar Melati Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek yaitu peserta didik kelompok B TK Mekar Melati yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi menggunakan instrument berupa lembar observasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kerjasama anak dapat ditingkatkan melalui metode proyek. Hasil akhir tindakan Siklus II menunjukkan bahwa anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik sebesar 85,71% dan mencapai indikator keberhasilan yaitu 76% sehingga penelitian dapat dikatakan berhasil. Melalui metode proyek, anak harus menyelesaikan suatu proyek secara berkelompok. Hal tersebut memerlukan adanya kerjasama antar anggota kelompok agar proyek selesai dengan baik. Sehingga, anak menjadi terbiasa untuk melakukan kerjasama. Peran guru dalam emmberikan motivasi pada anak agar mau bekerjasama saat menjalankan proyek menjadi hal yang penting.

 

Kata Kunci: Kemampuan kerja sama, metode proyek.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.