KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS BIMOMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK

Sri Dwi Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok B TK ABA Kalibulus Bimomartani kecamatan Ngemplak yang dilatar belakangi belum adanya data riil kemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok B seiring telah berjalannya kerjasama antara TK ABA Kalibulus dengan Perpustakaan keliling Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 1 variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf, serta ada dua indikator yaitu (1) Indikator menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal dan (2) Indikator menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Penelitian ini menggunakan bantuan media kartu huruf. Subjek penelitian ini merupakan anak TK kelompok B di TK ABA Kalibulus sebanyak 26 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar anak (16 anak) atau 61,5% mampu mengenal huruf a-z; sedangkan untuk kemampuan mengenal huruf vokal terdapat 18 anak atau 69% mampu mengenal huruf vokal dengan baik dan 13 anak atau 50% anak mengenal huruf konsonan; dan terdapat beberapa huruf yang sulit dikenal anak berada pada kelompok huruf b-d-p-q dengan persentase 62%.

 

Kata kunci: mengenal huruf, TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.