MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TK BHINNEKA II TRIRENGGO BANTUL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KOKO-KOKO

Tina Melia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Bhinneka II, Trirenggo, Bantul melalui permainan tradisional Koko-koko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian yang diambil adalah anak-anak kelompok B TK Bhinneka II Trirenggo yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan motorik kasar anak meningkat melalui permainan tradisional Koko-koko. Terbukti dengan data yang diperoleh pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan data yang diperoleh pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 80%, artinya telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti. Keterampilan motorik kasar anakpun semakin hari semakin meningkat karena stimulus dalam bentuk permainan tradisional Koko-koko yang diberikan selama penelitian mampu membuat perbaikan keterampilan motorik kasar anak. Kelincahan dan keseimbangan anak menjadi lebih baik .

 

Kata Kunci: motorik kasar, permainan tradisional, Koko-koko.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.