MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA LABBAIK AMONG PUTRO III YOGYAKARTA

Elvy Ulfiatul Masruroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab anak melalui metode proyek pada anak kelompok B di TK ABA LABBAIK AP III YOGYKARTA. Aspek tanggung jawab yang diteliti meliputi: (1) menghargai waktu, (2) mengerjakan tugas yang telah diberikan, (3) menjaga barang miliknya, dan (4) meletakkan barang sesuai dengan tempatnya. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B sejumlah 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku tanggung jawab anak. Sikap tanggung jawab anak meningkat melalui metode proyek dikarenakan metode proyek mempunyai sintaks pembelajaran yang berbeda dengan metode pembelajaran yang lain.

 

Kata kunci: perilaku tanggung jawab, metode proyek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.