MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA KELOMPOK B TK ABA PATANGPULUHAN

Cesa Karisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas. Keterampilan motorik halus yang diteliti meliputi ketelitian, kerapian, ketepatan, kecepatan, dan koordinasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa pada kelompok B yang berjumlah 19 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil peningkatan keterampilan motorik haluspada tahap Pratindakan 38.2% meningkat pada Siklus I menjadi 51.3% dengan peningkatan 13.1% pada Siklus II menjadi 80.4% dengan peningkatan 29.1%  sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus anak melebihi indikator keberhasilan 75%.

 

Kata kunci: keterampilan motorik halus, melipat kertas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.