KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DAN LAMBANGNYA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS SEMBADRA KECAMATAN GONDOKUSUMAN

Cetsa Novitasari Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengenal bilangan dan lambangnya pada anak kelompok A di TK Gugus Sembadra Kecamatan Gondokusuman. Penelitian ini fokus pada kemampuan mengenal bilangan dan lambangnya meliputi membilang banyak benda 1-10, mengenal konsep bilangan 1-10, dan mengenal bilangan 1-10.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 TK dengan jumlah anak 77 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dengan menggunakan observasi berupa checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bilangan dan lambangnya pada anak kelompok A di TK Gugus Sembadra Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori mampu dengan persentase 64,85%. Persentase tersebut didapatkan dari persentase indikator membilang banyak benda 1-10 sebesar 95,57% yang termasuk dalam predikat sangat mampu, indikator mengenal konsep bilangan 1-10 sebesar 43,02% yang termasuk dalam predikat cukup mampu, dan indikator menunjuk bilangan sebesar 55,57% yang termasuk dalam predikat cukup mampu.

 

Kata kunci: kemampuan, bilangan dan lambangnya, TK kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.