PROSES PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TPA BERINGHARJO YOGYAKARTA

Widya Oktaviyani Ardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kemandirian anak usia 3-4 tahun di TPA Beringharjo Yogyakarta yang kemandiriannya melebihi indikator kemandirian anak usia 3-4 tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 24 anak, satu kepala sekolah, lima guru, dan dua pengasuh. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dengan pedoman observasi terhadap anak dan guru, pedoman wawancara terhadap kepala sekolah dan guru, dan pedoman studi dokumentasi. Analisis data dengan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian pengembangan kemandirian anak usia 3-4 tahun di TPA Beringharjo Yogyakarta menunjukkan bahwa: (1) perencanaan, aspek kemandirian yang distimulasi, yaitu aspek kemandirian fisik dan fungsi tubuh, aspek kemandirian sosial-emosional dan aspek kemandirian intelektual; (2) pelaksanaan, strategi yang digunakan adalah memberi pilihan anak sesuai dengan minatnya dan memberi kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi lingkungan. Metode yang digunakan adalah metode perintah dan metode pembiasaan; (3) evaluasi, menstimulasi pada tahapan selanjutnya ketika indikator sudah tercapai. Faktor yang mendukung adalah faktor eksternal. Faktor penghambat adalah faktor internal dan eksternal.

 

Kata kunci: proses, pengembangan kemandirian, anak usia 3-4 tahun


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.