PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA TAMAN KANAK-KANAK

Rani Fitrianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Kuncup Melati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini yaitu 11 anak di kelompok B TK Kuncup Melati dan objek penelitiannya yaitu kemampuan berbicara anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila persentase rata-rata hasil kemampuan berbicara anak mencapai 80%. Berdasarkan data hasil observasi pada Pratindakan menunjukkan bahwa persentase rata-rata kemampuan berbicara siswa sebesar 60,80%. Pada Siklus I persentase rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 78,12%. Pada Siklus II  persentase rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 87,03%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan yaitu 80%.

 

 

Kata kunci: kemampuan berbicara, media kartu bergambar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.