HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IT AR-RAHMAN GANGSIRAN

Tri Agustina Merdekawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi orang tua dengan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK IT Ar-Rahman Gangsiran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak dan orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di TK IT Ar-Rahman Gangsiran sebanyak 111. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria atau pertimbangan tertentu. Kriteria yang digunakan sampel dalam penelitian ini adalah (1) anak yang berusia 4-5 tahun di TK IT Ar-Rahman Gangsiran, (2) orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya berusia 4-5 tahun di TK IT Ar-Rahman Gangsiran, berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 50 orang. Instrumen untuk mengukur pola komunikasi orang tua menggunakan angket dan keterampilan berbicara anak diukur menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan pola komunikasi keluarga dengan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK IT Ar-Rahman Gangsiran. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,663.

 

Kata kunci: pola komunikasi orang tua, keterampilan berbicara, anak usia 4-5 tahun

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.