PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI KELAS B1 TK ABA GEDONGKIWO MANTRIJERON YOGYAKARTA

Rillia Lestari Setyadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui kartu kata bergambar di kelas B1 TK ABA Gedongkiwo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B1 TK ABA Gedongkiwo. Siswa berusia 5-6 tahun dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan siswa yang terdiri dari 4 aspek yaitu menyebutkan 13 huruf (a, b, d, e, i, k, l, m, o, p, s, t, u) yang telah ditunjuk oleh guru, menunjukkan 13 huruf (a, b, d, e, i, k, l, m, o, p, s, t, u) yang telah disebutkan oleh guru, mencari huruf awal sesuai gambar yang dilihat, menunjukkan gambar yang memiliki huruf awal sama. Instrumen yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 80%. Dalam pelaksanaan pra tindakan kemampuan membaca permulaan hanya mencapai persentase sebesar 35,93% dengan kriteria kurang baik. Pada siklus I meningkat 22,14% menjadi 58,07 % pada kriteria cukup baik, sedangkan pada siklus II menjadi 85,81% dengan kriteria sangat baik. Hasil pelaksanaan tindakan pada Siklus II berada pada criteria sangat baik, sehingga keseluruhan peningkatan kemampuan membaca permulaan telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan.

Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, kartu kata bergambar, TK ABA Gedongkiwo, Yogyakarta


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.