MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN BERBAGAI POLA PADA ANAK KELOMPOK B TK HASTI PALUPI JETIS BANTUL

Isti Yuli Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai pola pada anak kelompok B TK Hasti Palupi Jetis Bantul. Penelitian ini dilakukan karena keterampilan motorik halus anak kelompok B TK Hasti Palupi masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai pola pada anak kelompok B TK Hasti Palupi. Hal ini ditunjukkan pada indikator ketepatan dari 67,58% pada siklus I meningkat 87,11% pada siklus II,  indikator ketelitian dari 56,25% pada siklus I meningkat 78,91% pada siklus II, indikator kecepatan dari 70,09% pada siklus I meningkat 87,5% pada siklus II, indikator kerapian dari 62,5% pada siklus I meningkat 81,64% pada siklus II, indikator koordinasi mata dan tangan dari 67,58% pada siklus I meningkat 87,5% pada ke siklus II.

Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan menggunting, anak kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.