PENGARUH PERMAINAN BOY-BOYAN MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PANTI DEWI TANJUNGTIRTO BERBAH SLEMAN

Amelia Eka Ardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan boy-boyan modifikasi terhadap kemampuan pengenalan bentuk geometri untuk anak Kelompok A di TK Panti Dewi Tanjungtirto Berbah Sleman. Permainan boy-boyan modifikasi yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan aspek kognitif yaitu mengenalkan bentuk geometri.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre-experimental design dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah performance test, berbentuk checklist sebagai pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menujukkan hasil validitas rhitung > rtabel yaitu 0,51 > 0,39 dan hasil reliabilitas 0,83 yang masuk dalam reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan rata-rata pretest dan posttest dan serta menghitung perbedaan rerata dengan uji-t. Rata-rata skor pretest sebesar 4,26 dan rata-rata skor posttest sebesar 10,7. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t, thitung > ttabel yaitu 14,937 > 2,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan boy-boyan modifikasi terhadap kemampuan pengenalan bentuk geometri pada anak kelompok A di TK Panti Dewi Tanjungtirto Berbah Sleman.

 

Kata kunci: permainan, boy-boyan modifikasi, pengenalan bentuk geometri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.