STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PAUD DI TK PERCONTOHAN KECAMATAN DLINGO BANTUL

Sadayatama Sadayatama

Abstract


Penelitian ini dilakukan di TK Percontohan kecamatan Dlingo, adapun yang menjadi TK percontohan yaitu TK Pertiwi 43 Temuwuh, TK ABA Seropan, TK PKK 57 Muntuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK Percontohan Kecamatan Dlingo Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di TK Percontohan Kecamatan Dlingo yang berjumlah 13 orang guru, sedangkan objek penelitian ini adalah Kurikulum 2013 PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpuan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa di TK Percontohan Kecamatan Dlingo menerapkan Kurikulum 2013 PAUD yang mencakup proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Proses persiapan pembelajaran meliputi penyusunan Prosem, perumusan Tema, penyusunan RPPM dan penyusunan RPPH. Proses pelaksanaan meliputi semua proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Proses evaluasi meliputi berbagai teknik evaluasi yang diterapkan guru. Dalam implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK Percontohan Kecamatan Dlingo mengalami beberapa hambatan diantaranya guru belum mampu secara mandiri dalam menyusun RPPM dan guru juga mengalami kebingungan dalam penggunaan teknik evaluasi.

Kata Kunci: studi implementasi, kurikulum, kurikulum 2013 PAUD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.