PROGRAM PARENTING DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN BANTUL

Maria Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan program parenting di taman kanak-kanak (TK) Kecamatan Bantul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya pelaksanaan program parenting di TK Kecamatan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara semi terstruktur. Instrumen yang digunakan berupa angket sejumlah 80 item dengan dua alternatif jawaban. Subjek penelitian ini adalah seluruh kepala TK di Kecamatan Bantul, yaitu sejumlah 38 kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar (86,8%) TK di Kecamatan Bantul telah melaksanakan program parenting; (2) komunikasi dalam  bentuk diskusi antara orangtua dan pihak sekolah baik melalui media sosial maupun secara langsung merupakan salah satu program parenting yang paling banyak dilakukan; (3) peran pihak sekolah dalam program parenting lebih dominan daripada orangtua, (4) materi parenting seluruhnya mengenai tumbuh kembang anak; (5) keterbatasan waktu dan dana menjadi faktor terbesar yang menghambat pelaksanaan program parenting di TK se-Kecamatan Bantul.

 

Kata kunci: program parenting, taman kanak-kanak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.