IDENTIFIKASI KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TK SE-KECAMATAN SAMIGALUH KULON PROGO

Fitri Iqromah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Latar belakang mengambil penelitian ini karena anak memiliki kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang berbeda-beda meskipun sama-sama  menggunakan buku iqro’ dan sama-sama dikenalkan sekali dalam seminggu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 126 anak di TK se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Objek penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi (check list) dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (53,17% dari total keseluruhan anak) kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah termasuk dalam kriteria baik, yakni anak mampu dalam menyebutkan nama huruf dan melafalkan huruf hijaiyah.

 

Kata kunci: identifikasi, kemampuan mengenal huruf hijaiyah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.