PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN JUMANJI UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA ASSESSMENT INSTRUMENT BASED ON JUMANJI GAME MEDIA DEVELOPMENT TO MEASURE THE PHYSICS MATERIAL COMPETENCE AND STUDYING INTEREST GAIN ON HIGH SCHOOL STUDENTS

tutik yuliatun, edi istiyono

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan instrumen penilaian berbasis media Permainan Jumanji yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan materi fisika usaha dan energi, 2) mendiskripsikan penguasaan materi fisika usaha dan energi pada peserta didik SMA, 3) mendiskripsikan pencapaian minat belajar Fisika peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi Model Wilson dan Model Oriondo & Antonio. Validitas isi dengan expert judgement oleh ahli pendidikan fisika dan ahli penilaian fisika, serta praktisi. Analisis validitas isi mengunakan V Aiken dan validitas empiris menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT) dengan Partial Credit Model (PCM). Instrumen diujicobakan pada 261 peserta didik dari 4 SMA di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan instrumen penilaian berbasis media Permainan Jumanji yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan materi fisika dan pencapaian minat belajar Fisika peserta didik SMA, yang memiliki konstruksi sebagai berikut: a) terdapat 15 item soal pada kemampuan mendefinisikan, menentukan, dan mengaplikaskan, b) instrumen yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas isi dengan expert judgement dan telah mendapatkan bukti empiris fit dengan Partial Credit Model berdasarkan data politomus empat kategori, c) seluruh item soal dalam kriteria baik, indeks kesukaran berada pada rentang -0,91 sampai dengan 0,96 d) instrumen penilaian berbasis media permainan jumanji cukup reliabel (koefisien reliabilitas 0,53); 2) penguasaan materi fisika usaha dan energi peserta didik pada uji coba lapangan luas kategori sedang 46% dan kriteria tingi 54%; 3) pencapaian minat belajar peserta didik pada uji coba lapangan luas rendah 2%, sedang 16%, dan tinggi 82%.
Kata kunci: instrumen penilaian, media permainan jumanji, penguasan materi fisika, dan minat belajar fisika.
ABSTRACT
The goals of the research are 1) to obtain the assessment instrument based on the jumanji game media that fulfil the requirement to measure the competence of physics subject specified in work and energy, 2) to description the competence of physics subject specified in work and energy material on high school students, 3) to description the interest rate of physics subject specified in work and energy. The research design in development research aelino model, wolfe model, and winston model. Content validity pusing expert judgement by physics education expert, physics assessment, and practitioner. Content validity using V Aiken and empirical validity Item Response Theory (IRT) with Partial Kredit Model (PCM). Instrument is tested to 261 students from 4 high schools in Sleman Recency. Data analysis techniques ari One Bay descriptive qualitative and quantitative. The research result show that 1) assessment instrument based on jumanji game media fulfil the requirement to measure the competence of physics subject specified in work and energy is obtained, so it completely consist of the structure below: a) there are 15 items on devinitive comprehension, b) the developed instrument has fulfilled the requirements of content validity using expert judgement and obtained the empirical fit proof using partial credit model based on four category politomus, c) all the items are in good kriteria, the difficulty index ranges between -0.91 until 0.96 d) Instrument is reliable (reliability coefficient 0.53); 2) Material competence of physics subject work and energy of the students uring the expanded test is in the middle category 49% and high category 51%; 3) Interest rates ain during the expanded test is lob on 2%, middle 16% and high 82%.
Key words: assessment instrumen, jumanji Games media, physics material competence, physics studying interest

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.