PENGEMBANGAN MAJALAHFISIKA PHYSICSMAGZ DIPADUKAN DENGAN APLIKASI CLENOVIOUNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA DEVELOPING A PHYSICS MAGAZINE PHYSICSMAGZ COMBINED WITH CLENOVIO APPLICATION TO INCREASE LEARNING INTEREST AND CRITICAL THINKING SKILL OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

muhammad ihsanul fikri, yusman wiyatmo

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui kelayakanMajalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio guna meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Kelayakan Majalah Fisika PhysicsMagzdilihat dari skor hasil analisisSBI. Peningkatan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis dilihat dari nilai standard gaindari angket minat belajar sebelum dan sesudah,dan dari lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenoviolayak digunakan untuk meningkatkan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA darihasil penilaian ahli dan respon dengan kategori sangat baik dan baik, (2) peningkatan minat belajar peserta didik yang menggunakan Majalah Fisika PhysicsMagz yang dipadukan denganaplikasi Clenovio dengan skor standar gainsebesar 0,16dalam kategori rendah, dan(3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan Majalah Fisika PhysicsMagz yang dipadukan denganaplikasi Clenovio dengan skor standar gainsebesar 0,79dalam kategori tinggi.
Katakunci:PhysicsMagz, Clenovio, minat belajar, dan kemampuan berpikir kritis
Abstract
This research was aimed to: (1) know the properness of Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio application to increase learning interest and critical thinking skill, (2) know the increasing of learning interest of senior high school students which use the learning media Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio application, and (3) know the increasing of critical thinking skill of senior high school students which use the learning media Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio application. This research was a research and development (R&D) using the 4-D model. The properness of Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio applicationseen from the SBI score analysis result. The increasing of learning interest and critical thinking seen from the standard gain score of the learning interest questionnaire and the critical thinking test before and after using media. The result of showthat: (1) the Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio application is proper to increase learning interest and critical thinking skill of senior high school students seen from very good and good results category of expert appraisal and student’s response. (2) The increasing of student’s learning interest which use the Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio application by low category standard gain score about 0,16. (3) The increasing of student’s critical thinking skill which use the Physics Magazine PhysicsMagz combined with Clenovio application by high category standard gain score about 0,79.
Keywords: PhysicsMagz, Clenovio, learning interest, and critical thinking skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.