PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU GAMBAR PADA PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF SISWA SMA KELAS X THE USING OF THE PICTURE CARD GAME ON LEARNING WITH SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVINGONIMPROVMENT MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES OF COGNITIVE ASPECTS STUDENT SENIOR HIGH SCHOOL CLASS X

ilma ihsan majid, rahayu dwisiwi sri retnowati

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a). Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif fisika antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan media Kartu Gambar dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi, b). Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif fisika menggunakan media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 3 Purworejo. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MIA 4 sebagai kelompok eksperimen .Teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest, serta angket motivasi belajar. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Multivariate, dan nilai standar gain. Hasil penelitian ini adalah: 1). Ada perbedaan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif fisika antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan media Kartu Gambar dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi, 2). Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif menggunakan media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi dinyatakan dalam standard gain masing-masing sebesar 0,29 (rendah) dan 0,69 (sedang).
Kata Kunci: mediaKartu Gambar, hasil belajar kognitif, motivasi belajar, usaha dan energi
ABSTRACT
This research was aimed to know: (a) The difference of motivation and outcomes of learning cognitive physics among students who were given learning by the Picture Cards with studentd who were given learning without Picture Cards on chapter Work and Energy(b) The improvement in the motivation and outcomes of learning cognitive physics using the Picture Card on chapter Work and Energy. This research wasaexperimental research using quasy experimental design with pretest-posttest group control design. The population of this research is the X MIA SMA N 3 Purworejo’s students. The sample of this research choosen by cluster random sampling’s methode as many as two class, X MIA 3 as control group and X MIA 4 as experiment group. The collection of data doing by pretest-posttest and the motivation questionnaire. The hypothesis test doing by Multivariate test, and Standard Gain. The result of this research are: (1) there is the difference of improvment in the motivationand outcomes of learning cognitive physicsamong students who were given learning by the Picture Cards with studentd who were given learning without Picture Cards on chapter Work and Energy, (2) The improvement in the motivation and outcomes of learning cognitive physics using the Picture Card on chapter Work and Energy are 0,293 (low) and 0,69 (medium).
Keywords: Picture Cards, outcomes of kognitif learning, motivation, work and energy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.