PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SIBI PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DEVOLEPMENT OF PHYSICS LEARNING VIDEO BASED ON SIBI ON SUBJECT MATTER OF VIBRATIONS AND WAVES AS SELF LEARNING MEDIA TO INCREASE THE LEARNING PHYSICS INTEREST FOR DEAF STUDENTS

asri setyaningrum asri setyaningrum, yusman wiyatmo yusman wiyatmo

Abstract


Intisari- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk video pembelajaran fisika berbasis SIBI pada materi getaran dan gelombang yang layak sebagai media belajar mandiri, dan (2) mengetahui peningkatkan minat belajar fisika peserta didik tunarungu terhadap video pembelajaran materi getaran dan gelombang berbasis SIBI.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel (1974:5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal video pembelajaran fisika berbasis SIBI dan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan video pembelajaran fisika berbasis SIBI yang layak serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik tunarungu. Kelayakan video pembelajaran dilihat dari skor validitas CVI hasil validasi oleh validator, skor CVI hasil respon peserta didik serta skor reliabilitas PA. Peningkatan minat belajar pada peserta didik tunarungu dilihat dari hasil pengisian angket minat belajar sebelum dan setelah penayangan video. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran video pembelajaran fisika berbasis SIBI dalam skala yang luas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran fisika berbasis SIBI layak digunakan untuk pembelajarn fisika pada peserta didik tunarungu dan memperoleh kategori sangat baik dilihat dari analisis validitas CVI yang memperoleh nilai sebesar 0,96 (sangat baik) dan hasil respons peserta didik yang memperoleh CVI 0,6 (sangat baik), serta reliabel menurut PA rata-rata nilai PA 95,6%, (2) peningkatan minat belajar peserta didik sebelum dan setelah penayangan video pembelajaran fisika berbasis SIBI memiliki nilai standard gain 0,001 dengan kategori rendah.
Kata-Kata Kunci: Video Pembelajaran, Getaran dan Gelombang, SIBI, Tunarungu
Abstract- This research is aimed to: (1) produce a feasible physics video learning based on SIBI on subject matter of vibration and wave as self-learning media, and (2) know the enhancement in learning physics interest in deaf student with physics learning video based on SIBI on subject matter vibration and wave. The method of this research is Research and Development with 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan and Semmel (1974: 5). Define stage is an initial stage to define the problem. Design stage is done by developing a preliminary design of physics video learning based on SIBI and research instruments. Develop stage is aimed to produce the feasible physics video learning based on SIBI and to know the increased in learning physics interest. Feasibility of physics video learning was taken from CVI validity score from validator, CVI score from student’s response and PA reliability. The enhancement in learning physics interest was taken from students questionnaires before and after presenting the video. Disseminate stage is done by publishing the physics learning video in a higher scale.
The results of this research shows that: (1) Physics learning video based on SIBI is feasible based on CVI score of validation 0,96 (very good), CVI score of students response 0,6 (very good), and reliable based on percentage of agreement with the average score of PA was 95,6%, (2) The enhancement in physics learning interest before and after presenting the physics learning video had standard gain value 0.001 (low).
Keywords: Learning Video, Vibration and Wave, SIBI, Deaf

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.