PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERORIENTASI PADA SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILLS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PRAMBANAN PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DEVELOPMENT OF LESSON PLAN WHICH ORIENTED TO SCIENTIFIC APPROACH TO IMPROVING SCIENCE PROCESS SKILLS AND IMPROVING LEARNING OUTCOMES FOR STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL ONE PRAMBANAN IN SUBJECT MATTER QUANTITIES AND UNITS

dian pamungkas titisari dian pamungkas titisari, juli astono juli astono

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran RPP yang mengacu pada scientific approach materi besaran dan satuan, 2) untuk mengetahui peningkatan science process skills peserta didik dengan menggunakan RPP yang dikembangkan dengan menggunakan scientific approach, dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dirancang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains berdasarkan kriteria kelayakan menurut penilaian validator. Hasil penggunaan perangkat RPP dengan Scientific Approach telah berhasil meningkatkan science process skills siswa dalam kategori sedang untuk ranah kognitif dan kategori tinggi untuk ranah psikomotor. Hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor setelah menggunkan RPP terjadi peningkatan. Kata kunci: RPP, Scientific Approach, Science Process Skills, layak Abstract The purposes of this research are: 1) To produce lesson plan which oriented to scientific approach for subject matter quantities and units, 2) To determine the improvement of science process skills of students by using lesson plan , and 3)To determine the enhancement of learning outcomes. The method for this research is research and development (R&D) with 4-D models. The results showed that the lesson plan is designed appropriate to use to enhance the science process skills assessment based on the eligibility criteria according to the assessor. The results of the use of the lesson plan with a Scientific Approach has succeeded in improving students' science process skills in the medium category for cognitive and the high category for psychomotor. Learning outcomes of students in the cognitive, affective, and psychomotor after using the RPP increased. Keywords: Lesson plan, Scientific approach, Science Process Skills, Valid.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.