PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MISTERI UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI FLUIDA DINAMIS THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA KARTU MISTERI TO ATTAIN STUDENTS PASSING GRADE SCORE ON THE DYNAMIC FLUID SUBJECT LECTURE

Anis Lutfiani, Suyoso Suyoso

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran Kartu Misteri yang layak untuk membantu mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika materi fluida dinamis, dan 2) mengetahui pencapaian ketuntasan hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran fisika materi fluida dinamis yang menggunakan Kartu Misteri sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Hasil penelitian adalah 1) dihasilkan media pembelajaran Kartu Misteri untuk materi fluida dinamis dengan kategori sangat baik yang layak digunakan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis, dan 2) presentase ketercapaian hasil belajar materi fluida dinamis oleh peserta didik pada uji coba terbatas adalah sebesar 67% dengan interpretasi cukup, sedangkan hasil presentase ketercapaian hasil belajar materi fluida dinamis oleh peserta didik pada uji lapangan luas adalah sebesar 79,21% dengan interpretasi baik.

 

Kata Kunci : Kartu Misteri, hasil belajar, fluida dinamis, pengembangan.

 

 

 

ABSTRACT

 

This research is aimed to: 1) produced learning media Kartu Misteri which suitable to attain students passes score of the passing grade on the dynamic fluid subject lecture , 2) knew about attainment of the students  study result on the learning process of dynamic fluid subject lecture which is used Kartu Misteri as learning media . This is a kind of research development used 4D model that was did in 4 steps, such as define, design, develop, and disseminate. Results show that 1) Kartu Misteri for dynamic fluid subject lecture has been produced. It has suitable with excellent category to use to attain students passes score of the passing grade on the dynamic fluid subject lecture. 2) Percentage of students study result attainment in the limited dissemination was 67% which is enough interpretation. Percentage of students result attainment in implemented in the class was 79,21% which is good interpretation.

 

key word : Kartu Misteri, students study result, dynamic fluid, development.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.