PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI SOSIAL THE DEVELOPMENT OF NON TEST INSTRUMENTS BASED ON SCIENTIFIC APPROACH FOR THE MAPPING OF PHYSICS LEARNINGRESULT TOWARD HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOCIAL COMPETENCY

Mutiara Kusumaningrum, Suparwoto Suparwoto

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen non tesberbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi sosial yang layak serta memenuhi kriteria valid dan reliabel. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D models. Objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Instrumen yang dihasilkan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket penilaian diri, dan penilaian teman sejawat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen non tes untuk penilaian kompetensi social beserta media pembelajaran yang mendukung dalam penelitian layak digunakan berdasarkan validitas dengan rumus Aiken. Dengan rumus tersebut diperoleh angka pada rentang 0,893-1 dan dapat memenuhi kriteria valid untuk semua item. Berdasarkan koefisien Cohen Kappa yang digunakan untuk menghitung reliabilitas antar dua rater, diperoleh nilai k=0,650 dan kesalahan standar 0,166 untuk lembar pengamatan, sedangkan untuk lembar penilaian diri dan teman sebaya diperoleh k=0,577 dengan kesalahan standar 0,153. Hasil tersebut masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, penilaian kompetensi sosial mampu meningkatkan kecerdasan sosial siswa dan instrumen non tes yang dikembangkan mempermudah guru dalam melakukan penilaian kompetensi sosial.

 

Kata kunci : scientific approach, pemetan hasil belajar, kompetensi sosial

 

 

 

ABSTRACT

  This study aims to develop a non-test instrument based on a scientific approach for mapping the results of physics subject of high school students that is proper and it fulfils as a valid and reliable criteria in social competence. Research design used in this research is Research and Development of 4-D model. The object of this research is the students of SMA Negeri 6 Yogyakarta in grade XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, and XI IPA 4. Instruments resulted in this research are observation sheet, self-assessment questionnaire, and peer assesment. The result of this research concludes that the non test instrument for the assessment of social competence and the supporting instructional media in the research are good to be used based on the validity with Aiken formula.By this formula, itobtained numbers in the range 0.893-1anditcanfulfil as avalid for all items. Based on the coefficient of Cohen Kappa whic his used to calculate the reliability between two raters, resultin k=0.650 and standard error 0.166 for the observation sheet, while for the self-assessment sheet and peers resultink=0.577 with standard error of 0.153. The results are in good category. Based on the results of field trials, the assessment of social competence can improve students' social intelligence and the developed non-test instruments make teachers easier in conducting social competence assessment.

 

Keywords: scientific approach, mapping the study result, social competence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.