PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA N 1 PLERET DEVELOPING MEDIA OF PHYSICS LEARNING TO INCREASE STUDENTS’ MOTIVATION AND ACIEVMENT IN PHYSICS AT 1 PLERET SHS

Raisuz Zahro, Juli Astono

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran majalah fisika “Suhu dan Kalor” yang layak untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, 2) untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar dan 3) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan media majalah fisika “Suhu dan Kalor”.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah majalah fisika, RPP, soal prettest dan postest, angket motivasi, observasi motivasi dan daftar pertanyaan wawancara.Hasil penelitian ini: 1) Media pembelajaran yang dihasilkanlayak digunakan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar, 2) peningkatan prestasi belajar peserta didik memperolehnilaistandard gain sebesar0,48 padakategorisedang, dan 3) peningkatan motivasi belajar peserta didik memperolehnilaistandard gain sebesar0,42 pada kategori sedang .

 

Kata-kata Kunci: Majalah Fisika, prestasi belajar, motivasi belajar

 

 

ABSTRACT

 

This research was aimed to: 1) make a “Temperature and Heat” physics magazine as a  learning media to increase student’s motivations and acievments, 2) to understan the improvements of student’s achievement and 3) to understand the improvements of student’s motivations through “Temperature and Heat” physics magazine as a  learning media. This is a development research with 4D models. The instruments used in this research are physics magazine, lesson plan, pre-test and post-test questions, motivations questionnaire, motivations observation and question list for interview. The results of this research are: 1) the learning media can increases student’s achievement and motivations, 2)the increase of student’s acievment  obtains the standard gain value of 0,48 in average category, and 3) the increase student’s motivations obstains the standard gain value of 0,42 in average category.

 

Keyword: Physics magazine, learning achievement, learning motivation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.