PENGEMBANGAN LKPD FISIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA DEVELOPMENT OF PHYSIC LKPD WITH INDUKTIF APPROACH TO MEASURE SKILL OF CRITICAL THINKING OF STUDENTS

Lutfikha Hikmatun Nissa, Sukardiyono Sukardiyono

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi gerak lurus dengan strategi pembelajaran induktif. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 MAN Godean. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas produk yang dikembangkan yaitu lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, angket respon dan lembar observasi untuk mengukur kepraktisan, soal kemampuan berfikir kritis untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis, Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran belum memenuhi kriteria efektif. Skor rata-rata kemampuan berfikir kritis peserta didik yaitu 67,35 yang berarti kurang.

 

Kata kunci: LKPD, Strategi Pembelajaran Induktif, Kemampuan Berfikir Kritis

 

Abstract

This research aims to produce a student worksheet of linear motion with induktif approach. Reseach and Development ADDIE models method which consists of step Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subject research was students class X MIA 2 in MAN Godean. Instruments were used to obtain quality of data are assessment sheet to measure validity, questionnaire responses and observ sheet to measure practically, and multiple choice test to measure of effectivity. Based on the result of analysis, the quality of product is valid, practice, score of critical thinking ability is in less category, it is 67,35.

 

Keywords: worksheet, induktif models, critical thinking.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.