PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X DEVELOPMENT PROBLEM BASED LEARNING OF STUDENT WORKSHEET TO IMPROVE LEARNING PARTICIPATION AND PHYSICS ACHIEVEMENT OF STUDENTS HIGH SCHOOL CLASS X ON ELASTISITY OF SOLID

Rizky Nur Apriliasari, Bambang Ruwanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk LKPD pada materi elastisitas zat padat berbasis PBL yang layak digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peserta didik, (2) mengkaji peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi elastisitas dengan menggunakan LKPD berbasis PBL, dan (3) mengkaji respon peserta didik kelas X setelah menggunakan LKPD berbasis PBL.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dihasilkan LKPD pada materi elastisitas zat padat berbasis PBL yang layak untuk untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peserta didik SMA kelas X dengan penilaian sangat baik serta reliabilitas berdasarkan nilai koefisien alpha secara berturut-turut pada LKPD I, II yaitu 0,935 (istimewa), 0,972 (istimewa) dan nilai korelasi antar rater secara berturut-turut pada LKPD I, II yaitu 0,877 (istimewa), 0,946 (istimewa), (2) peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik ditunjukkan oleh nilai standard gain  berturut-turut sebesar 0,09 (rendah) dan 0,5 (sedang), (3) respon peserta didik setelah menggunakan LKPD pada materi elastisitas zat padat yang berbasis PBL bernilai 4,17 dan 4,23 keduanya berkategori baik.

Kata kunci : LKPD, Problem Based Learning, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik

Abstract

This study aims to (1) produce student worksheet on the material elasticity of solids based on PBL to increase learning participation and physics achievement of students, (2) assessing the increase in learning participation and physics achievement of students of class X on the material elasticity by using student worksheet based on PBL and (3) assessing the response of students in class X after using student worksheet based on PBL. This study is Research and Development (R & D) by using the 4D model; define, design, develop, and disseminate. The results of this study are:(1) produced student worksheet on the material elasticity of solids-based PBL eligible for to increase learning participation and physics achievement of students high school grade X-rated excellent and reliability is based on the value of coefficient alpha in sequence of student worksheet I, II are 0.935 (special), 0,972 (special) and inter-rater correlation values in sequence of student worksheet I, II are 0,877 (special), 0.946 (special), (2) increasing the learning participation and physics achievement of students indicated by the standard gain value <g> respectively 0,09 (low) and 0.5 (moderate), (3) the response of students after using student worksheet on the material elasticity of solids based PBL worth 4.17 and 4.23 are both categorized well.

Keywords: student worksheet, Problem Based Learning, learning participation, and physics achievement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.