EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA SMA KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL EVALUAI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) PADA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA

Khairul Putra Novianto, Supahar Supahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan tingkat kesuksesan pembelajaran fisika pada SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang menerapkan kurikulum merdeka melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dan Shinkfield. Penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner kepada pendidik, kuesioner dan wawancara kepada pendidik fisika, dan observasi serta dokumentasi untuk melakukan triangulasi data. Sampel pada penelitian peserta didik dan pendidik fisika yang telah melaksanakan pembelajaran fisika dengan kurikulum merdeka selama satu tahun periode sehingga diperoleh 251 peserta didik dan 4 pendidik fisika yang berasal dari SMA Negeri 4 Yogyakarta dan SMA Negeri 7 Yogyakarta sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan berbantuan software Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran fisika kurikulum merdeka pada SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 7 Yogyakarta berjalan lancar selama 1 tahun ajaran pada fase E yang ditinjau dari keempat aspek evaluasi context, input, process, dan product. Tingkat kesuksesan pelaksanaan pembelajaran fisika SMA Negeri 4 Yogyakarta berada pada angka 75,40% dengan kategori sangat sukses, SMA Negeri 7 Yogyakarta berada pada angka 70,91% dengan kategori sukses, dan pendidik fisika berada pada angka 78,64% dengan kategori sangat sukses

Keywords


evaluasi; cipp; pembelajaran fisika; kurikulum merdeka

Full Text:

Untitled PDF

References


Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Herlyana, R., & Afriansyah, H. (2019). Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran. Judul Artikel, Padang 2019, 1-4.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020, Januari-Maret). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1), 34-38. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020, Agustus). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 244-257.

Miles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryadin, A., Sari, W. P., & Nurfitriani. (2022). EVALUASI PROGRAM MODEL CIPP (Context, Input, Process, and Product) antara Teori dan Praktiknya. Samudra Biru.

Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. MEDIKOM: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 35-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.