PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Vevi Alwi Novianty Br Batubara, Pujianto Pujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan minat belajar peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta denga subjek penelitian berjumlah 3 kelas yaitu 1 kelas uji coba terbatas dan 2 kelas uji coba lapangan. Kelayakan E-LKPD divalidasi oleh oleh dosen pendidikan fisika sebagai ahli dan guru fisika SMA sebagai praktisi. Penelitian ini menghasilkan: 1) media pembelajaran E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan kemampuan analisis peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,36; 3) peningkatan minat belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,66.

Keywords


Media Pembelajaran; E-LKPD; inkuiri terbimbing; kemampuan analisis; minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Iqbal, M., Simarmata, J., & Feriyansyah, F. (2018). Using Google form for Student Worksheet as Learning Media. International Journal of Engineering & Technology, 321-324.

Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus tradisional methods: A sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics. American Journal of Physic, 64-74.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional : menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pee, B., Woodman, T., Fry, H., & Davenport, E. S. (2002). Appraising and Assessing Reflection in Student’s Writing on a Structure Worksheet. Journal of Medical Education, 575-585.

Ruwanto, B. (2015). Fisika Is So Fun. Yogyakarta: PT Kanisius.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.