PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE VIDEO BERBASIS H5P BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA KELAS X SMA

Sukma Pertiwi Putri, Pujianto Pujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media Interactive Video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva yang layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat dan penguasaan materi peserta didik SMA; (2) Mengetahui kepraktisan media Interactive Video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan minat dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA kelas X pada materi usaha dan energi., dan (3) Mengetahui keefektivan media Interactive Video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan minat dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA kelas X pada materi usaha dan energi.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA SMA N 5 Yogyakarta tahun 2022/2023. Teknik pengumpulan data meliputi tes berupa pretest dan posttest, non tes berupa angket minat belajar dan penguasaan materi sebagai pendukung variabel, serta observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik simpangan baku ideal (SBi), Aiken’s V, standart gain, uji Kolmogrov-Smirnov, uji Manova, Effect Size, dan IJA. Telah dihasilkan media Interactive Video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika pada materi usaha dan energi; (2) Media Interactive Video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva praktis digunakan oleh peserta didik dengan persentase keseluruhan rata-rata angket respon adalah 91,27% termasuk kriteria sangat praktis untuk meningkatkan minat dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA kelas X pada materi usaha dan energi.; (3) Media Interactive Video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva efektif digunakan oleh peserta didik dengan nilai N-Gain minat belajar 0,63 termasuk kategori sedang, nilai N-Gain penguasaan materi ditinjau dari hasil pretest posttest 0,60 termasuk kategori sedang, dan nilai N-Gain penguasaan materi ditinjau dari hasil angket 0,66 termasuk kategori sedang untuk meningkatkan minat dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA kelas X pada materi usaha dan energi.

Kata Kunci: Media Interactive Video, Usaha dan Energi, minat belajar, penguasaan materi, fisika


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Djemari Mardapi. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset

Cohen J. (1988). Statistical Power Analysis for Behavioural Sciences. New York, NY: Routlege Academic

Devi, B. S., & Subali, B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(2), 155–165.

Fakhriyana, D., & Riayah, S. (2021). Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19–30.

Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943–2952.

Hake R, Richard. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Research Association’s Division Measurement and Research Methodology. Diakses dari http://www.physics.indiana.edu pada tanggal 08 Juni 2023 pukul 13.29 WIB.

Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–54.

Julia, F. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. UIN Ar-Raniry.

Ningsih, M. P., Sugiyanti, S., & Ariyanto, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Active Learning Berbantu Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 366–374.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.

Slameto, B. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cetakan IV). Rineka Cipta.

Yudanti, N. A., & Premono, S. (2021). Hubungan antara Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(1), 10–17.

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran.

Palupi, S., & Wiyatmo, Y. (2021). PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI GELOMBANG BUNYI. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(4).

Zulaikha Ummul Arafah, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA. Jurnal Pendidikan Fisika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.