PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Krisna Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kelayakan produk perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan mind map untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik, (2) besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan mind map, (3) besar peningkatan minat belajar peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan mind map. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, Buku Siswa dan Buku Guru. Perangkat pembelajaran telah divalidasi oleh validator ahli dan praktisi sebelum diujicobakan. Perangkat pembelajaran yang valid dan layak  kemudian diujicobakan kepada subjek penelitian menggunakan desain PTK satu siklus kepada  peserta didik. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantu mind map yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik, (2) terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan nilai standart gain sebesar 0,4 dalam kategori sedang, (3) terdapat peningkatan minat belajar peserta didik dengan nilai standart gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang.

Kata-kata kunci : perangkat pembelajaran; inkuiri; mind map; pemahaman konsep; minat belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suarsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta : Bumi Araksa.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Basri, Syamsurriana., Akhmad, & Nur Amaliah. (2018). Penggunaan Metode Bermain Snakes Ladders pada Pembelajaran IPA Fisika untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JPF. 6(3), 310-323.

Borich, G. D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. USA : The University of Texas.

Buzan, Tony. (2004). Memahami Peta Pikiran (The Mind Map Book). Batam : Interaksara.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal. 2(2), 52-60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dananjaya, Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Daryanto, Dwicahyono, A., & Purwanto, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hikmawati, Susilawati, & Ibnu S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2014). Pembelajaran Quantum dan

Optimalisasi Kecerdasan. Bandung : Alfabeta.

Kurniawati, I. D., & Diantoro M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Intruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1) 36-34. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049

Kusdiatuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393

Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Program Pascasarjana UNY.

Wahyuni, Sri., Kosim., & Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(2), 240-246.

Trianto. (2007). Strategi Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2010). Model Pembelajarn Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.