PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN MIRO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Yashinta Putri Sekarini, Juli Astono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-LKPD berbantuan Miro yang layak digunakan dalam pembelajaran materi Hukum Newton Tentang Gravitasi, (2) mengetahui e-LKPD berbantuan Miro dapat meningkatkan minat belajar fisika, dan (3) mengetahui e-LKPD berbantuan Miro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan desain model 4D antara lain define, design, develop, dan disseminate. Kelayakan e-LKPD berbantuan Miroyang telah dikembangkan dilihat dari skor uji validasi dan skor respon akhir peserta didik. Efektivitas e-LKPD berbantuan Miro peserta didik dapat ditunjukkan dengan hasil  analisis Uji One-Way Repeated Measures ANOVA dan uji General Linear Model. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) e-LKPD berbantuan Miro telah dikembangkan dan layak digunakan dalam pembelajaran Fisika materi Hukum Newton Tentang Gravitasi dengan skor rerata kelayakan sebesar 3,09 termasuk kategori baik; (2) e-LKPD berbantuan Mirodapat meningkatkan minat belajar fisika peserta didik sebesar 13,9% dan termasuk kategori sedang; (3) e-LKPD berbantuan Miro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebesar 1% dan termasuk kategori kecil.  

Kata Kunci: e-LKPD, Miro, minat belajar fisika, kemampuan berpikir kreatif



References


Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90–114.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. In Biometrics (Vol. 26, Issue 3). https://doi.org/10.2307/2529115

Deckert, C., Mohya, A., & Suntharalingam, S. (2021). Virtual Whiteboards & Digital Post-Its – Incorporating Internet-Based Tools for Ideation Into Engineering Courses. Proceedings - SEFI 49th Annual Conference: Blended Learning in Engineering Education: Challenging, Enlightening - and Lasting?, 1370–1375.

Dubrova, O. A., Kirillova, I. K., Orlova, A. I., Stryapikhina, A. A., & Semenov, S. V. (2021). Digital instruments in educational activities. Eduweb, 15(3), 139–149. https://doi.org/10.46502/issn.1856-7576/2021.15.03.11

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Hafiza, M. I., & Wiyatmo, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Pembelajaran Fisika Di Sma Macromedia Flash 8 Based Interactive Multimedia Development for the Learning of Physics in High School. 1–7.

Li, Q., Zhang, J., Xie, X., & Luximon, Y. (2021). How Shared Online Whiteboard Supports Online Collaborative Design Activities: A Social Interaction Perspective. Lecture Notes in Networks and Systems. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80094-9_34

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Opryshko, N. (2022). Miro Board As an Effective Educational. Scienta, 91–94.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rojanarata, T. (2020). How Online Whiteboard Promotes Students’ Collaborative Skills in Laboratory Learning. ACM International Conference Proceeding Series, 68–72. https://doi.org/10.1145/3395245.3396433

Skubik-Peplaski, C., Shisley, S., Edick, J., & Cook, W. (2022). Agile Learning and Teaching with Miro Boards. Proceedings of the 2021 Pedagogion: Agile Teaching & Learning: Approaches and Applications, 1–6. https://encompass.eku.edu/pedagogicon/2021/newtechnologies/4

Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Journal of School Psychology (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17(2), 1–8. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.