PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS

Salma Sholeha Meisyaroh, Supahar Supahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbantuan PhET Simulation yang layak digunakan untuk pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke pada peserta didik SMA kelas XI, (2) menghasilkan LKPD berbantuan PhET Simulation yang efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Subjek penelitian uji coba terbatas 195 peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Sewon dan SMAN 1 Kasihan. Subjek penelitian uji luas 108 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sewon Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi. Analisis kelayakan RPP dan LKPD menggunakan SBi, validasi instrumen pengumpulan data menggunakan Aiken’s V, validitas dan reliabilitas butir angket dan soal dianalisis secara IRT menggunakan QUEST, efektivitas produk dianalisis menggunakan MANOVA dan GLM Mixed Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD berbantuan PhET Simulation yang layak digunakan untuk pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke, (2) telah dihasilkan LKPD berbantuan PhET Simulation yang efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., Wahyuni, S. & Djoko A.L., (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4), 350-357.

Astalini, et al. (2019). Studi Penggunaan PhET Interactive Simulations dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6 (2), 71-75.

Azwar, S. (2016). Konstruksi tes: Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka.

Becker, Lee A. (2000). Effect Size (ES)-University of Colorado Colorado Springs. From https://www.uv.es/~friasnav/EffectSizeBecker.pdf

Dola Syamsu, F., et al. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11 (1), 65-79.

Mardhiyah, R,H. et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12 (1), 29-40.

Muliani, Siska, D., & Hasri, A. (2022). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Virtual Lab Berbantuan Simulasi PHET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Getaran Harmonik. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5 (1), 59-68.

Purwoko, A. (2018). Pengembangan Media Laboratorium Virtual untuk Mendukung Pembelajaran Praktikum SMA. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17(1): 11-21.

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritia Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1.

Sari, K. et al. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem MTs Kelas VII. Jurnal Lentera Pendidikan, 4 (1), 65-66.

Suparman. (2020). Menemukan Karakteristik Butir Menggunakan Quest. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9 (1), 91-92.

Thiagarajan, Sivasailam, et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Widhiarso, W. (2011). Aplikasi anava campuran untuk desain eksperimen pre-post test design. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.