Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA

Khafizunnisa Septiana Murti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparwoto Suparwoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan desain media pembelajaran virtual berbasis POE yang layak (2) menguji media pembelajaran virtual berbasis POE yang layak. (3) mengetahui hasil peningkatan penguasaan materi dan keterampilan proses sains. (4) mengetahui keefektifan media pembelajaran virtual berbasis POE. Penelitian dengan 4-D model. Subjek penelitian ini peserta didik berjumlah 72 dengan teknik simple sampling random. Data penelitian ini butir soal pretest-postest menggunakan uji item correlated, peningkatan penguasaan materi menggunakan standart gain dan peningkatan keterampilan proses sains standar gain, serta efektifitas media diuji dengan MANOVA  diteruskan telaah  menggunakan perhitungan efek size. Hasil penelitian : (1) telah dihasilkan desain media pembelajaran virtual berbasis POE (2) hasil pengujian menggunakan manova didapat bahwa  media pembelajaran berbasis POE  layak (3) peningkatan penguasaan materi dan keterampilan proses sains sebesar 0,70 dan 0,72 (4) implementasi  media pembelajaran virtual berbasis POE dalam pembeljaran efektif

Kata-Kata Kunci: Pembelajaran, POE, Penguasaan Materi, Keterampilan Proses Sains, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.