Pengembangan LKPD Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Berbantuan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA

Seta Nara Hantika, Supahar Supahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengetahui keefektivitasan LKPD berbasis REACT berbantuan PhET Simulation materi Optika Geometris yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI SMA N 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang melibatkan 241 peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sentolo dan SMA Negeri 1 Wates. Instrumen penelitian terdiri atas RPP, LKPD, lembar validasi, soal pretest-posttest, angket respon, angket keterampilan poses sains, dan lembar keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis REACT berbantuan PhET Simulation dinyatakan layak dengan kategori sangat baik dan (2) LKPD berbasis REACT berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan penguasaan materi peserta didik sebesar 83,1% dengan kategori sedang dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik sebesar 82,6% dengan kategori sedang berdasarkan nilai Partial Eta Squared pada uji GLM-ANOVA.

Kata-Kata Kunci: LKPD, REACT, Optika Geometri, Penguasaan Materi, Keterampilan Proses Sains.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.