Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Power Point Berbasis Science, Environment, Technology, and Society untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik SMA

Siwiati Tri Dewanti, Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika power point berbasis SETS pada materi impuls dan momentum linier yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA serta untuk mengetahui besar peningkatan motivasi dan hasil belajar ranah kognitif setelah menggunakan media. Adapun instrumen penelitian yang dihasilkan meliputi RPP, media power point berbasis SETS, angket motivasi belajar, soal pretest-posttest, angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development dengan 4D models yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan saran validator dan kuantitatif menggunakan analisis SBi, Aiken’s V, Interjudge Agreement (IJA), Presentage of Agreement (PA), standard gain, dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini layak digunakan. Besar peningkatan motivasi dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik berturut-turut adalah 0,183 (kategori rendah) dan 0,38 (kategori sedang).

Kata-Kata Kunci: power point, SETS, motivasi belajar, hasil belajar ranah kognitif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.