Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Daring (Online) Berbantuan Video Percobaan Untuk Mengetahui Ketercapaian Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA

Washillah Mareti, Pujianto Pujianto

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran berbantuan video percobaan yang layak digunakan untuk ketercapaian kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik pada materi usaha dan energi, 2) mengetahui hasil ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui media pembelajaran fisika berbantuan video percobaan, dan 3) mengetahui hasil ketercapaian kemandirian belajar peserta didik melalui media pembelajaran fisika berbantuan video percobaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D. Teknik analisis data menggunakan simpangan baku ideal (SBi), CVR-CVI, persentase ketercapaian penguasaan, serta standar gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) media pembelajaran  berbantuan video percobaan layak digunakan pada materi usaha dan energi untuk ketercapaian kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik. 2) Ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh hasil dengan kategori baik/kritis, dan 3) ketercapaian kemandirian belajar peserta didik diperoleh meningkat dengan predikat kurang mandiri.

Kata-Kata Kunci: media pembelajaran, video percobaan, kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.