Pengembangan E-Modul Fisika Islami Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Sikap Spiritual Peserta Didik Madrasah Aliyah

Nini Noor Hafiza, Suparwoto Suparwoto

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk berupa e-modul fisika islami dengan materi pokok Hukum Newton pada Gerak Lurus yang layak digunakan dalam pembelajaran (2) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan e-modul fisika islami (3) mengetahui hubungan antara kemampuan awal dan sikap spiritual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif (4) mendeskripsikan bahwa sikap spiritual dinyatakan sebagai predikor yang baik bagi hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan (R&D) dengan model 4D dan diperluas dengan (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA 1 MAN 1 Sumbawa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul Fisika Islami layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif (2) terjadi peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan awal dengan nilai standard gain sebesar 0,32 (3) terdapat hubungan yang linear dan signifikan antara variabel sikap spiritual dan kemampuan awal terhadap  hasil belajar kognitif (4) sikap spiriual merupakan prediktor yang baik bagi hasil belajar peserta didik.

Kata-Kata Kunci: e-modul fisika islami, hasil belajar kognitif, Sikap Spiritual, Kemampuan awal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.