Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software iSpring Suite 9 untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika

Nur Rahmawati, Yusman Wiyatmo

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9 yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik SMA pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development ADDIE Models yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9 layak digunakan untuk pembelajaran pada pokok bahasan Usaha dan Energi dengan nilai rata-rata 4,44 dalam kategori sangat baik, peningkatan minat belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan standard gain sebesar 0,50 dan kemandirian belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan standard gain 0,54, serta terdapat perbedaan peningkatan minat belajar dan kemandirian belajar antara kelas kontrol dan eksperimen yang dibuktikan dengan hasil uji t, pada peningkatan minat belajar didapat nilai thitung>ttabel (2,464>1,995) dan pada peningkatan kemandirian belajar didapat nilai thitung>ttabel (3,416>1,995), sehingga media yang dikembangkan efektif digunakan pada materi pokok Usaha dan Energi.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, software iSpring Suite 9, minat belajar, kemandirian belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.