PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 DEPOK

Annisa Wilis C , Bambang Ruwanto

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning yang layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Depok, (2) mengetahui berapa peningkatan minat belajar peserta didik, dan (3) mengetahui berapa peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Instrumen penelitian ini antara lain: lembar penilaian, lembar validasi, angket respon, angket minat belajar, dan soal tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan SBI, nilai PA, program QUEST, dan nilai standard gain. Hasil penelitian: (1) dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning yang layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Depok pada kategori sangat baik. (2) Peningkatan minat belajar peserta didik memperoleh nilai standar gain sebesar 0,46 pada kategori sedang. (3) Peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik memperoleh nilai standar gain sebesar 0,4 dalam kategori sedang. Kata-kata Kunci: Quantum Learning, minat belajar, pemahaman konsep Abstract This research was aimed to: (1) produce interactive learning media based on Quantum Learning to improve students’ learning interest and understanding of the physics concepts class XI at 1 Depok SHS, (2) to find out how much the students’ learning interest, and (3 ) to find out how much the understanding of students' physics concepts after using interactive learning media based on Quantum Learning. This research is a development research with a 4-D models. The research instruments included: assessment sheets, validation sheets, response questionnaires, interest learning questionnaires, and concept comprehension test questions. Data analysis techniques using SBI, PA value, QUEST program, and standard gain value. The results of the study: (1) interactive learning media based on Quantum Learning can improve the students’ learning interest and understanding of physics concept class XI at 1 Depok SHS in the very good category. (2) the increase of student’s learning interest obtain the standard gain value of 0.46 in medium category. (3) he increase of student’s understanding physics concept obtain the standard gain value of 0.4 in the medium category. Keywords: Quantum Learning, learning interest, understanding

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.